Masih Muda, Stroke?

image

Minggu-minggu, sekian jam menjelang Senin. Bukan terkena sindrom I Hate Monday, tapi obrolan singkat dari kawan-kawan lama membawa pencerahan menjelang akhir weekend ini.

Yup, pagi tadi sempat kaget pas denger kabar, ada teman yang terkena stroke ringan. Wah, padahal teman tersebut masih muda banget. Menjelang 30 tahun, masih produktif-produktifnya tuh. Stroke kan biasanya menyerang orang-orang tua? Sudah gitu, temen satu ini juga ga obesitas yang gendut banget.

Obrolan jadi beralih ke topik kesehatan. Ternyata, beberapa teman yang masih masuk usia muda dan produktif, udah ada tanda-tanda musti waspada. Bayangkan, ada yang kolestrolnya ketika dicek, tinggi banget. Ada yang kena asam urat. Ada yang didiagnosis diabetes tipe 2. Duh, duh, ini masih muda-muda tapi kok udah penyakit degeneratif kek gini?

Ketika dicek, kenapa mereka sampe kena, rata-rata ternyata sama: gaya hidup. Antara lain, pola makan, tingkat stress, tingkat merokok, dan kurang gerak.
Mereka ini yang udah gejala ini  umumnya cuek bebek soal makan. Asal enak, gitu deh. Enak itu identik dengan minim serat karena umumnya daging-dagingan, kaya trans-fat, tinggi garam/sodium, tinggi gula.

Ketika mereka divonis dokter dengan diagnosis demikian, mulailah mereka musti patuh berpantang makan (kecuali kalo pengen penyakitnya cepet kumat). Apalagi yang asam urat tuh, pantangannya sejauh yang aku tahu, banyak beneeeer. Sayur pun ada pantangannya.

Kalau udah gini, suka sedih. Dulu temen-temen ini kalau diingatkan untuk jaga makan, diet, suka ngeyel. Katanya, masih muda ngapain diet, ga bisa menikmati hidup. Malah kadang suka mengolok-olok yang diet sebagai orang yang ga bisa menikmati hidup.
Sekarang kalau udah gini, siapa yang menikmati hidup?    :palmface:

Diet itu khan bukan untuk kurus, tapi sehat. Dan seperti yang udah sering aku tulis, diet itu gampang, ga mahal, bisa murah, dan ga aneh-aneh. Asal tahu prinsipnya aja.
Kalau orang menerima sakit kolestrol, asam urat, diabetes, sebagai suatu kewajaran, konsekwensi dari menikmati hidup, duh kok gimana ya… 
Ironis bukan, niat ingin menikmati hidup tapi berakhir dengan keterbatasan sana-sini.

Jadi, mo menikmati hidup untuk sekian tahun yang singkat atau mo menikmati hidup sampai usia tua? The choice is yours.

Advertisements

2 responses to “Masih Muda, Stroke?

  1. Bener banget!! Orang sering salah kaprah dg menganggap diet itu makan cuma sedikit dan pantang makan enak. Padahal nggak selalu harus begitu juga kan?

    Dan yang jelas persepsi tentang ‘makan enak’ itu bisa dibentuk sejak kecil. Kami sekeluarga sangat suka tahu kukus, kedele rebus, jus wortel dan bbrp makanan lain yg menurut pandangan umum ‘bukan makan enak’ karena anak-anak di rumah sejak balita dibiasakan makan itu 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s