Berapa Beratmu Sekarang?

 

Dueeengggg…!
Pertanyaan ini menohok banget deh, sekarang ini. Karena, oke, pengakuan, setelah puasa pola makan jadi gak karuan dan akibatnya kerasa banget. Perut yang semula langsing, sekarang jadi kelebihan lemak.
Kalau pakai skinny jeans, jadi ada ‘tas pinggang’ bonus ‘tas perut’. Padahal sebelumnya ga ada. Kerasa banget, badan menjadi berat –ga terasa enteng– sehingga menjadi lebih malas, gampang lelah, gampang ngantuk. Pokoknya ga enak lah.

Sebenarnya bukan angka pada timbangan yang harus dikhawatirkan. Angka bisa jadi kurang signifikan. Cuma naik 1-3 kg, kalau secara matematis khan tidak begitu signifikan. :mrgreen:
Bentuk badan yang agak berubah, oke, memang secara estetika kurang indah. Tetapi yang jauh lebih penting adalah, jika pola yang ‘telanjur rusak’ ini tidak segera diperbaiki, akan berpengaruh terhadap pola hidup sehat. Kalau peka mendengarkan tubuh dari sekarang, krasa kok, tubuh memberi sinyal. Tubuh memberi warning bahwa pola makan yang sekarang ini kurang menguntungkan bagi tubuh sendiri.

Memangnya pola yang sekarang itu bagaimana sih?
Well, ummm… terlalu banyak gula, karbohidrat sederhana, kurang sayur, kurang buah. Yah, akibat waktu lebaran kemarin memanjakan lidah. Makan menu-menu yang bersantan, kurang serat, kue-kue, cake, dll. Akibatnya jadi terlupakan deh, kebiasaan makan buah dan sayur. Apalagi buatku yang sebenarnya tidak terlalu suka buah. Yeah, opor, rendang, balado, dkk jauh lebih bisa bikin ngiler daripada apel dan pear. Akibatnya kini masa jetlag, jadi harus membiasakan diri lagi untuk kembali ke pola hidup sehat.

Jadi?
Lewat masa lebaran, kembali membiasakan diri ke pola sebelumnya dong. Bukan hal yang mudah, maksudnya, dengan godaan dimana-mana. Tetapi yang menikmati hasilnya kan diri sendiri. Apalagi kalau kita benar-benar mendengarkan tubuh kita, niscaya makin memperkuat motivasi kita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s