Puasa Bikin Ga Produktif?

 

Masak iya? Pernah ngalamin?

Seperti siang ini, jam-jam rawan. Jam 14, ketika perut udah krucukan bunyi-bunyi mulu, mata berkali-kali ngelirik jam, mulai ga fokus mikirin kerjaan tapi malah ngalamun membayangkan segarnya es cincau dengan gula merah asli, mata berat mulut menguap, maunya nempel aja nih kepala ke bantal. Walhasil, diajak meeting, susah banget untuk konsentrasi dan fokus. Hayooo, siapa yang familiar dengan situasi seperti ini? Apalagi pas puasa, ga bisa ngabur ke pantry untuk sekadar menyeduh kopi, menambah asupan kafein dalam darah. šŸ˜†

 

Well, gurls, dari hasil baca-baca nih, ternyata ada beberapa faktor yang bisa mengganggu konsentrasi, yaitu:

1. Social media

Hahaha, kalau ini ngaku aja deh. Siapa yang belum pernah berurusan dengan not-working-tools seperti twitter, facebook, dsb. Sendirinya nih, ngaku juga. Btw udah ada yang follow akun twitterku? Follback dong, kakaaaa. :mrgreen:

Beneran deh, untuk soal twitter ini, apalagi kalau udah nyandu, hadeh. Bukan soal ngetwitnya sih, yang bikin nyandu, tapi ketika kita terlibat samber-samberan dengan akun orang. Penasaran untuk selalu melihat reply-nya dan terus pingin bales. Nah kalau udah seperti ini, cara paling efektif adalah bersikap tegas pada diri sendiri. Tutup tab atau aplikasi twitter client seperti tweetdeck, kalau perlu beneran log out deh. Jauhkan gagdet juga, karena sama aja bohong dong kalau masih pegang hape dan ngetwit dari situ. Bukannya fokus ke layar laptop tapi malah megang hape mulu.

2. Multitasking

Tentang multitasking ini pernah dibahas di postingan sebelumnya. Jadi ternyata dari berbagai penelitian, multitasking tidak seefektif yang kita kira. Lebih baik kerjakan one at a time, satu-satu diselesaikan, dan berdasar prioritas urgensinya. Untuk hal-hal yang tidak penting, seperti menelepon sambil membersihkan laptop, multitasking sih tidak masalah.

3. Nagging thought, kekhawatiran, kepikiran sesuatu, dll yang membuat kepala serasa penuh

Kalau lagi galau, kepikiran sesuatu, cemas, puspas, memang bisa bikin kita jadi ga konsen blas. Gimana mo fokus, kalau di kepala terus kepikiran soal pacar yang dicurigai selingkuh dan sekarang lagi di luar kota bareng cewe yang kita tahu dia bitchy. :mrgreen:

Atau kita tiba-tiba punya banyak ide, yang sangat random, dan kita susah untuk mengorganisirnya. Seperti meloncat-loncat, dan banyak sekali yang bersliweran di kepala. So, what are we gonna do about this? Write them down! Yap, ambil secarik kertas, yang bekas aja supaya hemat, tulis apa aja yang ada dalam kepala kita. Ide-ide, to do list, kekuatiran, kecemasan, dll. Tak usah rapi-rapi. Ketika kita membaca ulang, atau bahkan ketika kita baru menuangkan saja, percaya deh, yang serasa seperti benang munyer di kepala seperti lumayan terurai. Kita jadi lebih mudah mempetakan apa yang harus kita lakukan dan kembali fokus.

4. Stress

Stress dapat menyebabkan kelelahan fisik dan mental, tanpa kita sadari. Yang jelas kerasa sih, kita seperti tegang, terbebani. Kalau sudah begini, manajemen stress dipercaya dapat menurunkan tingkat stress dan kembali kita bisa berkonsentrasi.

5. Bosan

Kalau ini jelas. Bahkan kita bisa jadi mengantuk karena bosan. Coba meregangkan tubuh, berdiri, jalan-jalan sebentar ke lantai tetangga. Intinya istirahat sejenak, menyegarkan diri, asal tidak keterusan dan malah melupakan yang seharusnya jadi prioritas kita.

6. Kurang tidur

Ternyata tidur cukup masih menjadi syarat utama supaya konsentrasi kita tidak mudah menurun. Terutama tidur di malam hari. Bayangkan dong, kalau kurang tidur pada malam hari, sementara paginya kita harus meeting seharian. Tidur cukup minimal 7 jam sehari. Kalau mengalami sleeping disorder, bisa menghubungi ahlinya untuk segera mendapat treatment yang tepat. Karena tidur merupakan hal yang cukup esensial untuk kesehatan kita.

7. Lapar

Kalau ini, tidak usah ditanyakan lagi ya. Masalahnya, kalau kita puasa, bagaimana dong? Kuncinya ada pada saat sahur. Coba baca lagi deh, postingan ini yang membahas menu-menu sahur seperti apa yang bisa menjaga kita tetap berenergi selama puasa. Juga makanan yang sebaiknya dihindari karena bikin lemes.

8. Depresi, fatigue, obat-obatan, Attention Deficit Hyperactive Disorder

Nah ranah ini udah masuk ranah ahlinya. Kalau sekiranya mencurigai kurang bisa konsentrasi karena hal-hal tersebut, segera kontak pakarnya untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Satu hal lagi yang kalau rajin dilakukan juga bisa meninjaga konsentrasi kita selama puasa, yaitu olahraga.

 

So gurls, siapa bilang puasa bikin ga produktif? Itu mah karena belum tahu aja bagaimana menyiasatinya. Kalau sudah tahu tapi tetap tidak produktif? Yah, itu sih memang niat. šŸ˜›

 

Advertisements

8 responses to “Puasa Bikin Ga Produktif?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s