Disiksa Sakit Menstruasi

image

Sebagai cewek, tiap bulan kita pasti akrab dong dengan penderitaan yang rajin berkunjung tiap bulan. Kita juga pasti empati banget, kalau denger ada temen kita cewek yang ngeluh-ngeluh kesakitan ga berdaya pas lagi dapet. Apalagi kalau kita musti ngampus ato kerja, dan pas dapet siksaan itu. Seperti beberapa waktu lalu, ada temen yang mengeluh sakit banget pas mens dan rasanya ingin bolos kantor. Ternyata untuk perempuan bekerja, memang ada hak untuk mengajukan cuti haid ya.

Dari hasil ubek-ubek google cari tahu tentang rasa sakit pada waktu menstruasi, ternyata menstrual pain dibedakan dengan pre-menstrual syndrome ya, baru tahu lho.
Kalo PMS adalah situasi tidak nyaman yang dialami perempuan (biasanya seminggu) sebelum periode menstruasi, dan penyebabnya adalah tingkat hormon estrogen progesteron yang fluktuatif. Sedangkan menstrual pain atau lebih sering disebut menstrual cramp, dialami di hari pertama menstruasi dan bisa berlangsung hingga 2-3 hari berikutnya.

Sebenarnya siksaan yang kita alami pada saat menstruasi, adalah menstrual cramp atau kram perut bagian bawah. Penyebabnya adalah kontraksi pada uterus/rahim kita, dikarenakan meningkatnya produksi hormon prostaglandin, sebagai akibat dari luruhnya sel-sel ovarium. Menstrual cramp ini biasanya dialami oleh perempuan berusia 20an.
Produksi prostaglandin ini selain memberi rasa kram pada perut, juga mendorong timbulnya rasa pegal-pegal pada pinggang serasa mau patah, leg pain, mual kadang muntah, diare, dan pusing.

Selain itu, ada beberapa situasi yang membuat mereka mengalami situasi berikut, lebih rentan mengalami kram perut;
1. Mendapat menstruasi di usia yang sangat muda, kurang dari 11 tahun.
2. Periode menstruasi lebih dari 5 hari.
3. Mereka yang mengalami obesitas.
4. Mereka yang sering merokok dan minum minuman beralkohol
5. Belum pernah hamil

Menstrual cramp ini berbeda dengan dysmenorrhea. Dysmenorrhea adalah rasa sakit yang intensitasnya berbeda dengan kram biasa, lebih sakit dan bisa sampai mengganggu aktivitas. Penyebab dysmenorrhea yang kita biasa tahu adalah endometriosis. Walau ada penyebab lain yang membuat dysmenorrhea kambuh. Tetapi kita tidak sedang membahas dysmenorrhea. 😀

Nah girls, kalau kita mengalami siksaan menstruasi kram perut ini, apa yang bisa kita lakukan untuk mengurangi rasa sakit itu? Ada beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri, yaitu:

1. Berbaring dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.Tempelkan yang hangat-hangat di perut bawah/bawah pusar, sambil dipijat ringan dengan ujung jari.
2. Minum minuman yang hangat tapi jauhi yang mengandung kafein seperti teh kopi, dan gula terlalu banyak.
3. Memperbanyak konsumsi sayur, buah, karbohidrat kompleks, dan mengurangi garam/makanan yang asin-asin.
4. Relaksasi seperti yoga dan meditasi.
5. Konsumsi suplemen yang mengandung vitamin B6, kalsium, dan magnesium.
6. Rajin berolahraga seperti jalan kaki.
7. Mandi air hangat

Okay girls, semoga tips-tips singkat tadi bisa membuatmu lebih nyaman menghadapi –istilahnya– MHP alias mens hari pertama, untuk menyebut “siksaan” menstrual cramp.

Advertisements

4 responses to “Disiksa Sakit Menstruasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s