Do’s and Dont’s or Get Cranky

image

Postingan ini adalah lanjutan dari tulisan kemarin. Sengaja dibagi dua supaya tidak terlalu panjang dan enak dibaca. Kalau postingan sebelumnya membahas betapa makanan yang kita konsumsi sehari-hari ternyata berpengaruh terhadap gejala PMS kita, dan hal tersebut udah kubuktikan sendiri. Maka di postingan ini langsung membahas makanan apa aja sih yang sebaiknya dikurangi dan ditambah supaya menstruasi kita berlangsung mulus.

Sebelumnya, cerita sedikit latar belakang kenapa posting ini. Seperti ditulis di postingan sebelum ini, aku minum dua mug besar capuccino. Ketika sampai kos dan istirahat, dari yang aku baca aku baru ngeh kalau kopi ternyata bukan jenis minuman yang disarankan selama PMS. Karena bisa memperburuk, jika sakit kepala bisa memperparah headache-nya.

So sista, ada empat hal yg perlu diperhatikan dalam diet PMS ini. Kalau dipatuhi, bisa meredakan gejala PMS yang merepotkan. Plus empat hal ini sebenarnya adalah prinsip utama makan sehat. Keempat prinsip itu yaitu;

1. Menstabilkan gula darah.
Mengapa? Kalian siapa yang menjelang mau ‘dapet’ merasa lebih lapar dan rakus dari biasanya?
Nah, dengan mengkonsumsi makanan yang karbohidrat baik/Glikemiks indeks rendah, dapat membuat kita lebih tahan lapar.
Contohnya, buah segar, kacang-kacangan, gandum utuh, selai kacang, dll.
Mengkonsumsi makanan yang manis-manis, olahan gula, seperti es buah, coklat, donat, dkk malah dipercaya bisa bikin mood swings memburuk. Konon kalau anak kecil mengkonsumsi snack macem begitu, bikin hiperaktif. Mungkin juga berdampak untuk mood swings, jadi makin moody. Begitu juga olahan pati/tepung seperti kue, roti, mie instan, dkk sebaiknya dikurangi.

2. Menambah asupan lemak baik.
Mengapa? Ternyata dengan mengkonsumsi banyak lemak baik dan mengurangi lemak jahat, bisa mengurangi rasa sakit akibat peradangan, misal kram perut atau payudara membengkak. Hindari banget junk food seperti fried chicken, gorengan, masakan yang berminyak dan bersantan kalo gak ingin kram dan payudara membengkak makin parah.
Lemak baik bisa didapat dari minyak zaitun, alpukat alias super food, mackerel, sarden, tuna, dll. Jadi konsumsi alpukat plain, tapi inget tanpa gula dkk yang bikin tambah manis, lebih sehat untuk PMS.

3. Mengurangi asupan kafein, garam, alkohol, dan dairy products.
Mengapa? Kafein dapat meningkatkan kecemasan, depresi, nervous, pusing, dan memperparah insomnia. Kafein selain ditemukan di kopi, ada juga di teh, soft drink, coklat. Disarankan minum herbal/fruit tea saja atau malah wedang tradisional seperti kunir asam, jahe.
Kalau garam, karena garam sifatnya mengikat air. Jadi makan makanan yang mengandung banyak sodium seperti mie instan, kripik kentang, kornet, sosis, dll bisa bikin kembung makin parah. Mending maem yang alami saja atau pisang.

Kalau dairy products, karena susu sekarang dihasilkan dari sapi yang digemukkan dengan pakan konsentrat dan suntikan hormon. Nah dikuatirkan kalau produk susu tersebut mengandung senyawa oestrogen. Produk susu bisa diganti susu kedelai yang mengandung phytoestrogen.
Sedangkan alkohol, bisa mengganggu penyerapan mineral penting seperti magnesium, menaikkan kadar gula darah, dan ujung-ujungnya memperparah PMS.

So girls, ternyata mudah untuk mengurangi gejala PMS dengan memperhatikan nutrisi yang masuk. Memperbanyak sayur dan buah serta air putih. Menghindari gula, garam, kafein, alkohol, rokok, lemak dan karbo jahat.
Kalau kata pakar sih, perlu paling nggak tiga bulan supaya tubuh beradaptasi dan gejala PMS membaik.

Ok, girls sista, semoga tips tadi bisa membantu ya. Dan menghindarkan kita dari mood cranky ngamuk-ngamuk ga jelas :mrgreen:

Advertisements

2 responses to “Do’s and Dont’s or Get Cranky

  1. Pingback: Mitos Seputar Menstruasi | jeungvita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s